Selasa, 17 Mei 2016

POTENSI SOSIAL & BUDAYA


POTENSI SOSIAL BUDAYA 

Kampung tua Negeri Olok Gading sudah diakui keistimewaannya dalam hal Sosial Budaya oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung, hal ini dibuktikan dengan telah ditetapkannya Kelurahan Negeri Olok Gading sebagai salah satu kawasan cagar budaya berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung  Nomor 10 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandar Lampung Tahun 2011-2030.  


Pasca ditetapkannya Negeri Olok Gading sebagai salah satu kawasan cagar budaya yang ada di Kota Bandar Lampung, maka eksistensi "Kampung Tua" Negeri Olok Gading semakin diakui. Sebagai kawasan cagar budaya NOG memiliki beberapa seni tradisional yang sering ditampilkan dalam acara-acara penting, seperti terlihat dalam Foto 1 dimana beberapa penari menampilkan Tari Siger Penguten untuk menyambut tamu kehormatan dalam kegiatan Sosialisasi Massal Program PLPBK yang dilaksanakan di Kampung Kapal Bro RT 05 LK I.


Foto. 1  Tari Siger Penguten dalam kegiatan Sosialisasi Massal PLPBK
              
Seperti halnya didaerah lain pengembangan kesenian tradisional dilakukan oleh beberapa individu yang bergabung dalam sebuah wadah atau sanggar, karena kesenian tradisional tidak dapat dikembangkan oleh individu secara sendirian. Salah satu sanggar yang cukup lama eksis adalah Sanggar Angon Saka berdiri sejak 1968 oleh Mansjur Thoib. Sanggar Angon Saka ini sudah banyak memiliki pengalaman diantaranya adalah mewakili Provinsi Lampung dalam Festival Temu Zapin Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta tahun 2015 yang lalu.

Foto. 2 Sanggar Angon Saka Negeri Olok Gading
Sumber : www.duajurai.com


Tari Bedana ini awalnya dikenalkan oleh para Saudagar dari Gujarat India untuk mensyiarkan agama Islam, walau dalam perkembangannya Tari Bedana mengalami berbagai perubahan menyesuaikan adat istiadat masing-masing daerah. Seperti terlihat dalam Foto 3 dimana Tari Bedana yang berasal dari Negeri Olok Gading memiliki kekhasan tersendiri, dibandingkan dari daerah lain.


Foto. 3 Ragam Tari Bedana khas Negeri Olok Gading
Sumber : www.duajuari.com dok : Christian Heru Saputra

Selain seni tari tradisional masih terdapat banyak seni lain yang belum dipublikasikan atau dikenal luas oleh masyarakat umum seperti : Seni Beladiri tradisional Pencak Silat, Seni berbalas pantun dll. Perlu kepedulian dari masyarakat dan pihak dinas instansi terkait untuk terus melestarikan berbagai kesenian tradisional tersebut agar tidak punah dinegerinya sendiri.





Sumber referensi : 

http://www.duajurai.com/2015/11/sanggar-angon-saka-bandar-lampung-akan-tampil-di-temu-zapin-nusantara/

http://www.duajurai.com/2015/11/beberapa-versi-tari-bedana-lampung-akan-tampil-di-temu-zapin-nusantara/


http://www.duajurai.com/2015/11/angon-saka-bandar-lampung-dipilih-tampil-di-zapin-nusantara-karena-eksistensinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar